ICCLR sebagai PUI UNY Menggelar Simposium Ke‑4 “Instructional Design dan Motivational Effect”

Yogyakarta, 9 Agustus 2025 — Indonesian Center for Cognitive Load Research (ICCLR) sebagai salah satu Pusat Unggulan IPTEKS (PUI) Universitas Negeri Yogyakarta, sukses menyelenggarakan ICCLR 4th Symposium on Learning and Instruction. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Hotel Grand Rohan dan secara daring, dengan tema "Instructional Design and Motivational Effect: Perspective of Cognitive Load Theory".

Simposium ini menghadirkan pembicara internasional dan nasional, yaitu Endah Retnowati, Ph.D (UNY), Dr. Ellen Lee (University of New South Wales, Australia), Dr. Jose Hanham (Western Sydney University, Australia), dan Dr. Kim Ouwehand (Erasmus University Rotterdam, Belanda).

Dalam sesi presentasi riset, tim ICCLR mempersembahkan dua topik utama:

  • Worked Examples in Focus: Revisiting Interleaving and Spacing Effect — oleh Novi Eriyantika, Nurul Amini, Febi Febri, dan Latifah Zahira.
  • The Role of Motivational Prompts in Multimedia Instruction — oleh Bayu Setiawan, Kania Nurma Litasari, Hafsah Aulia Abdul Majid, dan Muftihah Rahmawati.

Tak hanya presentasi riset, dalam simposium ini juga ditampilkan poster penelitian mahasiswa ICCLR dengan fokus pada instructional design berbasis Cognitive Load Theory. Semua poster tersebut telah didaftarkan HKI, yang sekaligus menunjukkan upaya ICCLR untuk mendorong karya mahasiswa agar memiliki pengakuan resmi.

Peserta simposium mendapatkan manfaat berupa sertifikat, wawasan riset terkini dalam desain instruksional, dan kesempatan memperluas jejaring penelitian pendidikan.

Dengan terselenggaranya simposium ini, ICCLR menegaskan komitmennya dalam memperkuat riset berbasis Cognitive Load Theory, serta berperan aktif dalam perkembangan akademik di tingkat nasional dan internasional sebagai pusat unggulan IPTEKS.

Kedepannya, ICCLR berharap akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa dengan skala yang lebih besar dan kolaborasi internasional yang lebih luas, serta publikasi ilmiah yang meningkat sebagai bukti nyata kontribusi terhadap dunia pendidikan dan penelitian.