Indonesian Center for Cognitive Load Research (ICCLR) Selenggarakan Coaching Clinic 2025: Strategi Menembus Jurnal Internasional

Yogyakarta, Oktober 2025 — Indonesian Center for Cognitive Load Research (ICCLR), salah satu Pusat Unggulan IPTEKS Perguruan Tinggi (PUI-PT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sukses menyelenggarakan Coaching Clinic 2025 dengan tema “Strategi Praktis Menembus Jurnal Internasional.” Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya ICCLR dalam memperkuat kapasitas peneliti, dosen, dan mahasiswa di bidang penulisan artikel ilmiah bereputasi, sekaligus mendukung roadmap riset berbasis Cognitive Load Theory (CLT) yang menjadi fokus utama pusat studi ini. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama empat hari pada 27–28 September dan 4–5 Oktober 2025 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY, serta dua sesi tambahan secara daring pada 3 dan 18 Oktober 2025. Kegiatan menghadirkan para narasumber ahli, yaitu Endah Retnowati, Ph.D. (Chief Scientist ICCLR), Dr. Ouhao Chen (University of Leeds, United Kingdom), dan Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Peserta terdiri atasi dosen, mahasiswa, dan peneliti dari UNY maupun institusi eksternal mengikuti kegiatan ini. Peserta memperoleh bimbingan intensif dalam penyusunan artikel ilmiah mulai dari introduction, method, result, discussion, references dan abstract. Materi yang disampaikan oleh Endah Retnowati, Ph.D. dan Dr. Ouhao Chen berfokus pada struktur dan standar isi artikel ilmiah sesuai kaidah publikasi internasional, termasuk strategi penyusunan argumentasi dan pemilihan jurnal tujuan. Sementara itu, Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si. memberikan materi tentang tata bahasa dan gaya penulisan ilmiah yang efektif dalam bahasa Indonesia, agar artikel peserta memenuhi standar akademik dan kebahasaan yang baik. Setiap sesi diakhiri dengan pengisian progress checklist sebagai alat pemantau perkembangan penulisan.
Menariknya, desain kegiatan ini menerapkan strategi interleaving dan spacing dua prinsip pembelajaran yang berasal dari penelitian dalam Cognitive Load Theory. Strategi ini mendorong peserta menulis dengan pola berganti topik dan diselingi jeda istirahat agar proses berpikir lebih fokus, produktif, dan tidak menimbulkan cognitive overload. Kegiatan Coaching Clinic 2025 terbukti berdampak dalam meningkatkan kemampuan publikasi ilmiah para peserta, yang kini telah memiliki draft artikel siap terbit di jurnal nasional maupun internasional. Seluruh karya juga mencantumkan afiliasi ICCLR, menegaskan peran pusat ini sebagai lembaga riset penghasil karya ilmiah berkualitas